Entah Apa Yang Merasukiku? Ketika “BERKEBUN” Jadi Hobi Baru

Salah satu dampak pandemi yakni munculnya keinginan seseorang untuk tetap produktif walaupun aktifitas tetap dilakukan dirumah saja.  Contohnya seperti berkebun di rumah. Akhir-akhir ini lagi rame orang-orang memilih untuk belajar berkebun.  Apalagi mereka yang tinggal di perkotaan.

Begitu juga saya, walaupun tinggalnya di pedesaan tapi pengen ikut-ikutan juga untuk berkebun.  Ikut-ikutan? Selagi ikut-ikutannya adalah hal positif, kenapa tidak? Ya kan. Sebenarnya dari dulu saya bukan jenis orang yang tertarik dengan tanaman atau bunga-bunga. Tapi entah kenapa saya dibuat penasaran. Di kepala selalu muncul pertanyaan, bagaimana proses tumbuhnya bibit-bibit itu sampai hasilnya bisa berbuah atau berbunga?.  Inspirasi pengen mencoba berkebun di mulai dari melihat postingan IG Ayudia yang lagi asyik banget berkebun.  Tanamannya lucu-lucu. Dan setelah mengulik lebih dalam. Saya dapat sebuah instagram komunitas berkebun yaitu Kebun Kumara. Senang sekali jika melihat postingan-postingan mereka tentang cara menanam bibit tanaman dan mengompos. Bahkan saya sampai ikut nonton IG Live nya haha. Semakin gatal lah tangan saya untuk mencoba sendiri.

Proses awal berkebun sebagai pemula

Pertama beraksi yaitu pada tanggal 23 Agustus 2020.  Inget banget waktu itu. Awalnya sempat bingung, harus mulainya dari mana dan belum tau mau nanam apa. Setelah mempelajari persiapan-persiapan apa saja yang dibutuhkan sebelum berkebun.  Saya pun mulai membeli bibit dan tanah kompos. Saya beli bibit bayam merah, cabai, dan terong. Pot yang digunakan pun saya bikin sendiri, ada yang dari ember kecil bekas, botol plastik, kemasan teh kotak dan susu ultramilk, kemasan minyak goreng dan sunlight, bahkan botol yakult juga saya pakai.  Setelah para bibit saya tanam, setiap pagi dan sore nggak pernah absen buat nyiram. Kebiasaan baru setiap pagi pasti pengen ngecek terus untuk lihat perkembangan si tanaman.  Dan seminggu kemudian muncullah si bayi-bayi tanaman yang berhasil bikin saya kegirangan. Saya merasa senang sekali melihat ada yang sudah menampakkan diri.  Bagaimana kalau udah pas panen nanti ? ahahaha

Selain bibit yang di beli, saya juga memanfaatkan sisa sayuran yang ada di dapur yang bisa di tanam. Seperti jahe dan tomat. Udah 1 minggu lebih tanam jahe dan tumbuhnya subur banget alhamdulillah. Progressnya paling cepat.

Sudah sebulan saya belajar berkebun di rumah. Kebunnya sih belum rame. Dan rencana pengen nambah lagi tanamannya. Semoga saja kebun impian saya bisa terwujud nantinya.

Apa manfaat berkebun

Kalo di tanya manfaat berkebun apa, banyaaak banget. Bagi saya setelah mulai masuk di dunia perkebunan secara mental saya merasa lebih fresh, confident  and become more positive. Juga terhindar dari stress karena skripsian dan lain-lain. Kalo liat perkembangan tanaman, suasana hati langsung bagus. 

Ternyata berkebun juga membuat saya bertambah ilmunya soal tanam menanam. Semakin kita menekuninya semakin muncul rasa ingin tahu kita tentang hal-hal yang terkait dengan aktivitas berkebun.  Bahkan nenek dan kakek saya kadang ikut juga ngecek perkembangan tanaman saya. Btw saya tetanggaan sama nenek saya. Kakek dan nenek saya termasuk ahli berkebun, di rumah mereka ada kebun lumayan besar.  Jadi selain mengandalkan internet untuk belajar berkebun, saya juga di ajari sama nenek.  Bahkan kemarin saya sempat diberi sebuah klipping soal tanaman oleh kakek saya. Klipping tua, tapi isinya bermanfaat banget. I love it.

Ternyata berkebun juga membuat saya bertambah ilmunya soal tanam menanam. Semakin kita menekuninya semakin muncul rasa ingin tahu kita tentang hal-hal yang terkait dengan aktivitas berkebun.  Bahkan nenek dan kakek saya kadang ikut juga ngecek perkembangan tanaman saya. Btw saya tetanggaan sama nenek saya. Kakek dan nenek saya termasuk ahli berkebun, di rumah mereka ada kebun lumayan besar.  Jadi selain mengandalkan internet untuk belajar berkebun, saya juga di ajari sama nenek.  Bahkan kemarin saya sempat diberi sebuah klipping soal tanaman oleh kakek saya. Klipping tua, tapi isinya bermanfaat banget. I Love It.

Makna Berkebun

Selain banyaknya nikmat dan manfaat, kita juga mendapatkan suatu ajaran nilai kehidupan. Belajar soal filosofi kehidupan dari tanaman. Mereka sama seperti manusia, dengan berbagai macam karakter. Mencerminkan makna kehidupan dari masing-masing jenis tanaman. Fenomena alam tidak pernah lepas hubungannya dengan fenomena sosial. Dari filosofi tanaman di kebun itu mencerminkan perilaku kehidupan manusia. Dari proses pengolahan tanah, pembenihan, pembibitan, penanaman, perawatan, pemeliharaan dari hama, tumbuh kembang, sampai panen. Proses yang panjang untuk mencapai hasil yang bermanfaat. Begitu juga dengan manusia dengan fase-fase kehidupannya.

Dengan berkebun kita bisa lebih sadar dan bersyukur dengan kekuasan Allah SWT. Yang menciptakan keindahan di muka bumi ini. By the way, berkebun juga termasuk ibadah loh teman-teman. Berkebun berarti kita sedang bersedekah. Seperti sabda Rasulullah yaitu:

Dari Anas bin Malik RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Tidakkah seorang Muslim menanam pohon, tidak pula menanam tanaman kemudian hasil tanaman tersebut dimakan oleh burung, manusia atau binatang melainkan (tanaman tersebut) menjadi sedekah baginya.” (HR Imam Bukhari)

Begitu banyak manfaat dan pelajaran yang saya dapatkan selama belajar proses berkebun. Berkebun ternyata asyik gaes. Bagaimana dengan kalian? Kalian yang pengen mulai atau sementara sedang berkebun, semangat yah. Senang sekali jika kalian bisa share cerita dan pengalaman berkebun kalian di kolom komentar di bawah.

Selamat Berkebun!

9 tanggapan untuk “Entah Apa Yang Merasukiku? Ketika “BERKEBUN” Jadi Hobi Baru”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s